Bacalah kutipan berikut dengan teliti!
Matahari kian terik, bubuk beterbangan, angin yang perih di mata terus berputar tiada hentinya. Udara pancaroba ini mungkin yang menciptakan Mpok Saodah ambruk. Dapat jadi juga kerja yang tiada henti dilakukannya. Setiap dikala ini dan itu, ke sana kemari tiada henti. Selalu saja ada yang dilakukannya. Setiap dikala ini dan itu, ke sana kemari tiada henti. Selalu saja ada yang dilakukannya. Bolak-balik dari gerobak ke kolam sampah, memilah-milah rongsokan, memasukkannya ke kantong yang telah dipisah-pisahkan jenisnya. Selain itu, ia akan mencuci baju, memasak air, menanak nasi, balik lagi ke barang-barang rongsokan yang seakan tiada selesai minta ditangani. Begitu setiap hari. Mengumpulkan barang-barang, memilah-milah, membongkar yang sudah dikumpulkan, menata ulang. Selalu menyerupai itu. Juga meski sudah beberapa hari batuk menyerangnya, batuk yang di luar biasanya (Gerobak Lebaran). |
1. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan tersebut yaitu ….
A. Demi kelangsungan hidupnya, walaupun sakit, orang itu tetap bekerja keras.
B. Demi kelangsungan hidupnya, walaupun sakit orang itu selalu berdoa.
C.Seorang yang bekerja mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan duniawinya.
D.Seorang yang bekerja keras tanpa menghiraukan kesehatannya hingga jatuh sakit.
E. Seorang yang sakit-sakitan, namun tak menghiraukan kesehatannya demi uang.
Nilai moral dalam dongeng berkaitan dengan sikap-sikap yang harus dan yang tidak perlu diteladani. Contoh keteladanan yang ditunjukkan dalam cerita itu, Demi kelangsungan hidupnya, walaupun sakit, orang itu tetap bekerja keras
2. Kaitan isi kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan dikala ini yaitu ….
A. Masih banyaknya kaum pinggiran yang kehidupannya selalu dijadikan objek.
B. Masih banyaknya kaum pinggiran yang kehidupannya selalu saja mengeluh.
C. Masih banyaknya kaum pinggiran yang kehidupannya sangat memprihatinkan.
D. Masih banyaknya kaum pinggiran yang kehidupannya dan minta dikasihani.
E. Masih banyaknya kaum pinggiran yang hidupnya serba kekurangan dan ceroboh.
Cerpen merupakan karya imajinatif. Meskipun demikian, cerpen sering kali mengandung bagian-bagian yang bersesuaian dengan kehidupan yang sesungguhnya. Untuk melihat keterkaitan watak, tentukan terlebih dahulu tabiat tokoh pada cerpen kemudian kaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Bacalah kutipan resensi berikut dengan baik!
Novel ini membuka nuansa gres pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaruan di bidang dilema yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, yaitu pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun, Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan perempuan setara dengan laki-laki bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang diwakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai rujukan di masa kini dan para pelajar (tokoh masa depan). |
3. Yang menyatakan keunggulan novel menurut kutipan resensi tersebut yaitu ….
A. Wajarlah novel ‘Layar Terkembang’ wajib dibaca oleh para siswa yang berwawasan maju.
B. Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan dan pemerintah.
C.Masalah usaha emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan.
D.Sutan Takdir Alisyahbana seorang yang jago mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan.
E. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan usaha kaum wanita.
Bacalah kutipan karya sastra berikut dengan saksama!
Apakah mama tak ingat penderitaanku dikala itu? Apakah saya harus jatuh untuk yang kedua kalinya? Menikah dengan seseorang yang tampan, tapi simpel mengobral komitmen dan sumpah kemudian mengkhianatinya? Aku menggeleng-geleng. Mungkin mama benar, Szabolk bukan pilihan yang sempurna jikalau sebangsa saja sudah begitu ruwet permasalahan, apalagi bersuamikan orang Eropa, Hungaria lagi, yang adat-istiadatnya beda sekali. Negerinya saja belum pernah kukunjungi. Belum lagi dilema kewarganegaraan, status anak, kelak akan bekerja di mana. Biarlah, waktu yang akan menjawabnya. Senja makin kelam, merpati-merpati beterbangan dalam kebisuan. Aku masih tak sanggup tetapkan lelaki yang sempurna dalam hidupku dikala ini. Biarlah, waktu yang akan menjawabnya(Weka Gunawan, Merpati di Trafalgar Square) |
4. Ringkasan karya sastra tersebut yaitu ….
A. Tokoh Aku belum bisa tetapkan lelaki yang sempurna dalam hidupnya mengingat masa kemudian yang tidak bahagia.
B. Tokoh Aku belum tetapkan lelaki yang sempurna dalam hidupnya sebab pertimbangan masa kemudian dan harus memikirkan segala sesuatunya.
C.Tokoh Aku belum bisa tetapkan lelaki yang sempurna dalam hidupnya mengingat campur tangan mama Tokoh Aku.
D.Demi mendengarkan pesan tersirat mamanya, Tokoh Aku belum bisa tetapkan lelaki yang sempurna dalam hidupnya, mengingat masa lalunya.
E. Mama tokoh Aku selalu mengkhawatirkan anak perempuannya; sehingga siapa pun yang erat dengan putrinya niscaya akan dilarangnya.
Simaklah kutipan paragraf acak berikut!
(1) Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari satu tempat tertentu dan operasinya bersifat bilateral, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kolaborasi regional. (2) Pertemuan dimaksudkan semoga bunyi Asia lebih didengar di PBB dan mendorong kolaborasi di bidang ekonomi dan social antarnegara di Asia. (3) Namun, gagasan tersebut tidak berlanjut. (4) Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950 dimaksudkan untuk meningkatkan kolaborasi ekonomi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. (5) Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat untuk menunjukkan dorongan pentingnya kolaborasi regional Asia Tenggara dalam pertemuan konsultatif The Asia Union di Baquio, Filipina. |
5. Paragraf yang disusun secara koheren dan kohesif adalah ….
A. (1), (2), (3), (4), (5) D.(4), (1), (5), (2), (3)
B. (4), (1), (5), (4), (5) E.(4), (1), (5), (3), (2)
C. (4), (1), (3), (5), (2)
Bacalah kutipan paragraf berikut!
(1) Belum usang ini, mereka mengikuti lomba membaca dan menulis puisi perihal petualangan (2) Anak-anak kecil maupun orang-orang dewasa, dikala ini sedang berkumpul di halaman Pak RT. (3) Selain cerdas, anak itu juga pintar mengambil hati kedua orang tuanya, teman-teman, dan tetangganya. (4) Mereka, orang-orang urban itu, belum tetapkan akan kembali ke kampong halamannya atau tidak. (5) Tidak hanya uang seribuan saja yang diambilnya, tetapi juga limaribu-an, bahkan seratusan ribu rupiah. |
6. Kalimat yang mengandung kata yang sama atau hampir sama artinya yaitu ….
A. (1) B.(2) C.(3) D.(4) E.(5)
Simaklah pernyataan-pernyataanberikut!
Sampai kapan pun, mereka akan selalu mengingatnya sebagai pembelajaran hidup. |
7. Variasi kalimat yang sempurna dalam kalimat tersebut yaitu ….
A. Sampai kapan pun, sebagai pembelajaran hidup itu, mereka akan selalu diingatnya.
B. Mereka akan selalu mengingatnya sebagai pembelajaran hidup, hingga kapan pun.
C.Sebagai pembelajaran itu, mereka akan selalu diingatnya, hingga kapan pun.
D.Mereka akan selalu mengingatnya sebagai pembelajaran hingga kapan pun
E. Mereka, kapan pun, sebagai pembelajaran hidup, akan selalu diingat-ingatnya.
Bacalah kutipan data berikut de
Bacalah kutipan data berikut dengan baik!
(1) Masing-masing kelompok dua orang. (2) Wikan dan Ande Lumut satu kelompok, keduanya ingin tau dengan obat nyamuk elektrik yang bisa mengusir nyamuk di kamarnya. (3) Mula-mula mereka melihat onthel yang berjatuhan di halaman rumah Wikan, kemudian, lain hari mereka memotong-motong biji onthel dengan tipis-tipis kemudian dijemur. (4) Onthel-onthel yang telah kering diblender kemudian ditambah irisan kecil-kecil bunga lavender yang telah dikeringkan pula. (5) Alhasil obat nyamuk onthel dan lavender menjadi obat nyamuk elektrik yang sangat harum aromanya. (6) Di sekitar obat nyamuk itu, nyamuk-nyamuk tidak ada yang berani mendekat. (7) Sejak karya KIR Wikan dan Ande-Ande Lumut “Obat Nyamuk Elektrik dari Biji Onthel” menang lomba di tingkat sekolah, kedua anak itu selalu saja ingin bereksperimen perihal segala sesuatu yang mereka lihat, mereka dengar, atau yang mereka baca. |
8. Susunlah data-data tersebut menjadi sebuah paragraf yang kohesif (padu=utuh/kompak)dan koheren(bersangkut paut) ….
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6), (7) B.(1), (2), (3), (5), (4), (7), (6)
C.(1), (2), (3), (4), (5), (7), (6) D.E.(2), (1), (3), (5), (4), (7), (6)
E.(2), (1), (3), (4), (5), (6), (7)
pernyataan berikut dengan teliti!
Waktu kubuka pintu depan, ku dengar teriak anakku, ibu, Bapak pulang, dan rasa letihku lenyap seketika, ujar Pak Hamdan. |
9. Perbaikan penulisan dari ejaan dan tanda baca dalam kutipan tersebut yaitu ….
A. Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku, ibu, “Bapak pulang”, dan rasa letihku lenyap seketika, ujar Pak Hamdan.
B. Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku,” ‘Ibu, Bapak pulang’, dan rasa letihku lenyap seketika,” ujar Pak Hamdan.
C.“Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku”, ‘Ibu, Bapak pulang’, dan rasa letihku lenyap seketika, “ujar Pak Hamdan.
D.“Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku, ibu, Bapak pulang, dan rasa letihku lenyap seketika,” ujar Pak Hamdan.
E. “Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku, ‘Ibu, bapak pulang’, dan rasa letihku lenyap seketika,” ujar Pak Hamdan.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12!
Arno menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk plus kartu keluarga untuk mendapat beras murah. Panitia lantas memberinya kupon beras dan menyuruhnya antre. Akan tetapi, mereka kecewa sebab berasnya tidak ada. Sementara itu, warga terus berdatangan. Mereka pun kecewa dan menyampaikan bahwa mereka tertipu. |
10. Ide pokok yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah...
A. Penduduk kecewa sebab tidak mendapat beras. D.Penduduk merasa ditipu karena beras tidak ada.
B. Warga berdatangan mengantre beras E.Penduduk menyerahkan fotokopi KTP untuk mendapat beras
C. Penduduk kecewa sebab berasnya tidak ada
§ Ide pokok yaitu ilham atau gagasan yang mendasari pengembangan suatu paragraf.
§ Ide pokok umumnya terdapat pada kalimat utama yang berada di kalimat awalatau akhir.