- Mungkin kalian sudah tahu apa arti dari algoritma? nah supaya tidak lupa saya mengingatkan jadi sebuah Algoritma ialah urutan langkah-langkah logis penyelesaian kasus yang disusun secara sistematis dan logis, Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma Urutan logis/langkah-langkah dalam algoritma harus sanggup ditentukan dengan nilai Benar(TRUE) atau Salah(FALSE) Algoritma ialah jantungnya Ilmu komputer/ Informatika
Misalkan ada 2 Ember yang berisi air(larutan) yang berwarna, (anggap saja Ember A dan Ember B). Ember A berisi air yang berwarna Merah, sedangkan Ember B berisi air yang berwarna Biru. Volume kedua bejana tersebut sama.
Pertanyaannya? : Bagaimanakah cara pertukaran isi kedua bejana itu sehingga nanti akan menjadi Ember A berisi air warna Biru, dan Ember B berisi air warna Merah?
Untuk melakukan suatu algoritma, dibutuhkan suatu bahasa pemrograman, pola : Pascal, C++, Visual Basic, dan lain lain .Notasi algoritma sanggup diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman apapaun, dengan kata lain notasi algoritma bersifat independen.
Misalkan ada 2 Ember yang berisi air(larutan) yang berwarna, (anggap saja Ember A dan Ember B). Ember A berisi air yang berwarna Merah, sedangkan Ember B berisi air yang berwarna Biru. Volume kedua bejana tersebut sama.
Pertanyaannya? : Bagaimanakah cara pertukaran isi kedua bejana itu sehingga nanti akan menjadi Ember A berisi air warna Biru, dan Ember B berisi air warna Merah?
Untuk melakukan suatu algoritma, dibutuhkan suatu bahasa pemrograman, pola : Pascal, C++, Visual Basic, dan lain lain .Notasi algoritma sanggup diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman apapaun, dengan kata lain notasi algoritma bersifat independen.
Notasi Algoritmik :
- Deskripsi
- Flow Chart
- Kode Pesudo
Perbedaan Algoritma dan Program
Program ialah kumpulan pernyataan komputer dan sedangkan Algoritma ialah metode dan tahapan sistematis dalam program, Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Kaprikornus aktivitas ialah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data) bagaimanapun juga struktur data dan algoritma bekerjasama sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang sempurna akan menciptakan aktivitas menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya.
Algoritmna merupakan kerangka dasar dari konsep suatu aktivitas untuk menuntaskan masalah. Algoritma tidak terikat dari suatu bahasa pemrograman manapun atau dengan kata lain bahasa yang digunakan ialah bebas dengan bahasa apapun, baik menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa lainnya.
- Jumlah dan rata-rata sejumlah data menggunakan larik
- Penjumlahan dan pengurangan dua buah matriks
1. Jumlah dan Rata-rata sejumlah data menggunakan larik
Program array_1 dimensi
Kamus:
var
C : array [1..3] of integer
i, jumlah : integer
Rata_rata : real
Algoritma
Begin
Jumlah := 0
For i := 1 to 3 do
Begin
Writeln(‘masukkan elemen ke= ‘, i)
Readln(C[i])
End;
Writeln(‘hasil total adalah= ‘)
For i := 1 to 3 do
Begin
Jumlah := jumlah + C[i]
End;
Writeln(‘jumlah total dari elemen array ialah ‘,jumlah)
Rata_rata := jumlah/3
Writeln(‘rata-rata adalah= ‘, rata_rata :4:2)
End.
2. Penjumlahan dan pengurangan Matriks
aktivitas MATRIK
Kamus :
type data = array[1..100,1..100] of integer
var matrikI,matrikII : data
baris,kolom,pil : integer
procedure isimatrik
var i,j : integer
begin
writeln('MATRIK I')
write('Masukan banyak baris = ')
readln(baris)
write('Masukan banyak kolom = ')
readln(kolom)
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
gotoxy(j*10,i*5)
readln(matrikI[i,j])
end;
clrscr;
writeln('MATRIK II')
write('Masukan banyak baris = ');readln(baris)
write('Masukan banyak kolom = ');readln(kolom)
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
gotoxy(j*10,i*5)
readln(matrikII[i,j])
end;
end;
procedure jumlahmatrik(m1,m2 : data)
var hasil : data
i,j : integer
begin
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
hasil[i,j]:=m1[i,j]+m2[i,j]
end
clrscr
writeln('Hasil Penjumlahan MATRIK')
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
gotoxy(j*10,i*5)
write(hasil[i,j])
end;
readln
end;
procedure kurangmatrik(m1,m2 : data)
var hasil : data
i,j : integer
begin
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
hasil[i,j]:=m1[i,j]-m2[i,j]
end;
clrscr
writeln('Hasil Penngurangan MATRIK')
for i:=1 to baris do
for j:=1 to kolom do
begin
gotoxy(j*10,i*5)
write(hasil[i,j])
end;
readln
end;
Pertimbangan dalam pemilihan algoritma
pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memperlihatkan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memperlihatkan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik kedua yang harus diperhatikan ialah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini penting terutama pada algoritma untuk menuntaskan kasus yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan).Algoritma yang baik harus bisa memperlihatkan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya. Ketiga ialah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma sanggup ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. meskipun algoritma memperlihatkan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi bila kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapat keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.
Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah:
- START = berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang dibutuhkan sebelum menangani pemecahan persoalan
- READ = berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input.
- PROSES = berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan duduk masalah sesuai dengan data yang dibaca.
- WRITE = berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output.
- END = mengakhiri kegiatan pengolahan.
Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran:
- Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan kebijaksanaan yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
- Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
- Setiap pemikiran proses harus ada akhirnya
- Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Praktis bukan dalam menciptakan sources code yang gampang dan simple semoga bermanfaat bagi anda dan berguru terus bila anda ingin meraih pencapaian anda dengan baik, sukses selalu dan semoga berhasil dalam segala dan jngan lupa berdoa.
Sumber https://www.comont
Algoritma yang baik harus bisa memperlihatkan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya. Ketiga ialah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma sanggup ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. meskipun algoritma memperlihatkan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi bila kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapat keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.
Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah:
- START = berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang dibutuhkan sebelum menangani pemecahan persoalan
- READ = berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input.
- PROSES = berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan duduk masalah sesuai dengan data yang dibaca.
- WRITE = berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output.
- END = mengakhiri kegiatan pengolahan.
Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran:
- Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan kebijaksanaan yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
- Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
- Setiap pemikiran proses harus ada akhirnya
- Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Praktis bukan dalam menciptakan sources code yang gampang dan simple semoga bermanfaat bagi anda dan berguru terus bila anda ingin meraih pencapaian anda dengan baik, sukses selalu dan semoga berhasil dalam segala dan jngan lupa berdoa.
Sumber https://www.comontechz.com/