Try Out Un Sma 2016



LATIHAN UJIAN NASIONAL 2015/ 2016

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Program             : XII/IPA-IPS
Hari,tanggal                  : .................
Waktu                             :  120 menit

PETUNJUK UMUM
1        Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2        Laporkan pada pengawas apabila terdapat goresan pena yang kurang jelas
3        Jumlah soal sebanyak  50 butir.

PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
1.    Kalimat berikut yang menggunakan istilah bermakna turun tahta  adalah ....
A.    Pengunjuk rasa menuntut sebuah referendum ( jajak pendapat) terhadap forum kerajaan yang tidak pernah ada perkembangan.
B.    Pemerintah Spanyol Selasa (3/6)  mulai pertanda dedikasinya (pengorbanan,tenaga,waktu,pikiran) ihwal kerajaan untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca-Franco.
C.   Sehari setelah Perdana Menteri Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet, munculah gagasan untuk mereformasi (perubahan secara drastic untuk perbaikan)kerajaan.
D.   Sehari setelah mengumumkan abdikasi (turun tahta dengan dengan sukarela)itu Perdana Menteri Mariano Rajos memimpin sidang luar biasa kabinet untuk menciptakan sebuah undang-undang.
E.    Carlos mengatakan, krisis  (keadaan yang suram/kemerosotan) ekonomi telah membangunkan sebuah cita-cita untuk pembaruan kerajaan.

2.    Cermati paragraf di bawah ini dengan saksama!
1)Krisis keuangan global tahun 2008 memberi pelajaran berharga. 2)Industri keuangan harus meningkatkan kehati-hatian dan masyarakat berpenghasilan rendah harus mendapat jalan masuk mudah terhadap forum keuangan. 3) Krisis itu berdampak besar di negara yang perekonomiannya digerakkan industri keuangan, tetapi kontribusi ekonomi rakyat belum optimal 4) Akan tetapi ada juga negara yang diredam oleh masyarakat yang perekonomiannya belum optimal. 5). Kondisi ini membuka mata pembuat kebijakan moneter di sejumlah negara bahwa jalan masuk mesyarakat terhadap forum keuangan harus ditingkatkan.                                                               Kompas, 22 September 2014
Yang merupakan kalimat berita dalam  paragraf di atas adalah nomor ….
A.    (1)                         
B.    (2)                         
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

3.    Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1) aku teringat masa lalu
(2) gugur dari pepohonan tanjung
(3) sendiri sunyi sepi
(4) di sana sajakku terbaring (personifikasi)
(5) entah kemana pergi

Kalimat yang bermajas (makna kiasan)dalam ialah deretan nomor ...
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)

4.    Bacalah dengan saksama puisi di bawah ini!
PADAMU JUA

Habis kikis
Segala cintaku hilang terbang
Pulang kembali saya padamu
Seperti dahulu

Kaulah kandil kemerlap
Pelita jendela di malam gelap
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu
                 (Nyanyi Sunyi oleh Amir Hamzah)
Makna lambang  kandil kemerlap pada puisi tersebut adalah....
A.    penerang jiwa
B.    cahaya hati
C.   sinar gemerlap
D.   lentera kasih
E.    penyejuk pikiran

5.    Cermatilah paragraf berikut!
Ketika terjadi bencana, tempat kami kedatangan ... relawan. Mereka sangat ...  keadaan kami tanpa memikirkan ...  yang dihadapi.
Kata di bawah ini yang tepat untuk melengkapi serpihan kalimat  yang rumpang ialah ....
A.    teem, perduli, risiko
B.    team, peduli, resiko
C.   team, peduli, risiko
D.   tim, peduli, resiko
E.    tim, peduli, risiko

6.    Cermati kalimat di bawah ini dengan saksama!
Salah satu dari beberapa sumber-sumber daya perikanan di Indonesia ialah merupakan sumber daya kerang-kerangan yang mempunyai nilai yang bersifat ekonomis.
Perbaikan kalimat tersebut berdasarkan struktur yang benar ialah ….
A.    Perikanan di Indonesia mempunyai nilai hemat ialah salah satu sumber daya kerang-kerangan.
B.    Perikanan ialah salah satu sumber daya kerang-kerangan yang mempunyai nilai ekonomis.
C.   Sumber daya kerang-kerangan ialah salah satu sumber daya yang mempunyai nilai hemat di Indonesia ihwal perikanan.
D.   Salah satu sumber daya perikanan di Indonesia ialah kerang-kerangan yang mempunyai nilai ekonomis.
E.    Sumber daya di Indonesia yang mempunyai nilai hemat ialah perikanan.

7.    Bacalah beberapa kalimat berikut ini dengan saksama!
1)    Polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi hingga korban pun berjatuhan.
2)    Polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi lantaran sebuah bom meledak di dekatnya
3)    Selain itu mereka juga menetapkan untuk kembali melaksanakan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
4)    Buruh Amerika Serikat menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja.
5)    Penetapan delapan jam per hari merupakan penanda berakirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan tersembunyi.

Kata penghubung yang menghubungkan dua klausa (kalimat beragam bertingkat ….) yang tak sederajat keterangan jawaban terdapat dalam kalimat ....
A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)

(klausa =satuan gramatikal yang berupa kelompok kata,sekurang-kurangnya terdiri dari subjek dan predikatdan berpotensi menjadi kalimat)
Kal.majemuk bertingkat…..jika, kalau, manakala, andaikata, asal(kan) ,agar, supaya, biar walaupun, kendati(pun), biarpun sebab, karena, oleh lantaran maka, sehingga dengan, tanpa dengan, tanpa seperti, bagaikan, alih-alih,bahwa,padahal, ·  sebab dan karena, kalau, jikalau, jika, bila, apalagi, dan asal, agar dan supaya ,ketika, sewaktu, sebelum, sesudah, tatkala,sampai, hingga, dan sehingga ,untuk dan guna , seperti, sebagai, dan laksana , tempat)


8.    Cermatilah kalimat berikut ini dengan saksama!

1)    Saudara datang dari kota Jogja ?
2)    Ruangan ini selalu dibersihkan.
3)    Di sekolah mengadakan sholat Jumat.
4)    Hasil rapat itu belum diumumkan oleh panitia.
5)    Pesan itu sudah saya sampaikan kepadanya.

Kalimat tidak baku lantaran tidak bersubjek adalah kalimat nomor ….
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

9.    Bacalah kalimat yang mengandung kata serapan di bawah ini dengan teliti!
Dalam praktiknya antara politik dan aturan memang sulit dipisahkan, lantaran setiap suatu rezim yang sedang berkuasa disetiap negara punya “politik hukum” sendiri dalam melaksanakan konsep tujuan pemerintahannya
Makna kata rezim dalam kalimat di atas yang tepat adalah...
A.  Tata pemerintahan presiden
B.  Pemerintahan yang berkuasa
C.  Kewenangan pemerintah yang berkuasa
D.  Kemampuan pemerintah
E.  Pengaruh kekuasaan pemerintah

10.  Cermatilah penulisan judul karangan berikut!
Upaya peningkatan keterampilan membaca dan menulis di Sekolah Menengah Atas
Penulisan judul karangan ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD ialah ….
A.    Upaya Peningkatan Keterampilan MEMBACA dan MENULIS di Sekolah Menengah  Atas
B.    Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Di Sekolah Menengah  Atas
C.   Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis di SMA
D.   Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis di Sekolah Menengah  Atas
E.    UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA dan MENULIS di SEKOLAH MENENGAH  ATAS

11.  Penulisan gelar akademik yang tepat sesuai dengan EYD ialah ....
A.    Prof. DR. Asdi Saridal Dipodjojo ialah salah satu dosen FPBS IKIP Yogyakarta.
B.    Dr. Mundilarno, M.Pd. ialah salah satu dosen Pascasarjana UST.
C.   Prop. Drs. Soeparno ialah dosen mata kuliah Linguistik Terapan
D.   Prop. Arma Abdoelah, M.SC. ialah mantan Rektor IKIP di kala 80-an.
E.    Prof. DRS. Sarjono ialah mantan Dekan FPBS IKIP yogyakarta di kala 80-an
                                                                                              
12.  Penggunaan tanda baca dalam penulisan alamat surat di bawah ini tepat ialah ....
A.    K e p a d a Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar no.33
Solo
B.    K e p a d a
Yth: Yudhistira Adi Prasetya, S.E
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar nomor. 33
Solo
C.   Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E.
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar 33
Solo
D.   K e p a d a
Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E.
Jinggle Mart .
Jalan Bulan Bundar no.33
Solo .
E.    Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E,
Jinggle Mart,
Jalan Bulan Bundar no.33,
Solo,

13.  Bacalah penggalan artikel berikut dengan saksama!
Banyak duduk masalah dunia cukup umur ini, ibarat ekstremisme, terorisme, dan migrasi yang hanya bisa diselesaikan dengan persatuan dan solidaritas semua negara di dunia. Itu sebabnya para pemimpin negara-negara di dunia harus mempunyai visi global untuk tidak hanya mengutamakan kepentingan nasionaismenya sendiri. Demikian disampaikan Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB) Ban Ki-moon dalam wawancara khusus dengan Kompas di Nusa Dua, Bali, Kamis (29/8). Ban berada di Indonesia untuk menghadiri Konferensi ke-6 Aliansi Peradaban PBB(UNAOC) yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat pagi.
                                                                                        Kompas, 29 Agustus 2014
Ide pokok paragraf tersebut ialah ….     
A.    Banyak duduk masalah dunia cukup umur ini ibarat ekstremisme, terorisme, dan migrasi.
B.    Presiden SBY, Jumat pagi Jumat pagi akan meresmikan konferensi UNAOC.
C.   Banyak duduk masalah dunia hanya bisa diselesaikan dengan persatuan dan solidaritas dunia.
D.   Ban Ki-moon dalam wawancara khusus dengan Kompas di Nusa Dua, Bali, Kamis (29/8).
E.    Itu sebabnya para pemimpin negara-negara di dunia harus mempunyai visi global.

14.  Bacalah kalimat berikut ini dengan saksama!
“Karena tidak pernah masuk dalam daftar buron, Yingluck dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin.
Yang merupakan inti kalimat di atas ialah ....
A.    Tidak pernah masuk daftar buron
B.    Yingluck dipersilakan kembali
C.   Kembali ke dalam negeri
D.   Kata juru bicara militer Thailand
E.    Keterangan Kolonel Winthai.

15.  Cermatilah teks berikut!
Sebagai pencinta lingkungan, Nita peduli supaya orang membuang sampah di tempatnya, menghemat penggunaan air, dan duduk masalah lingkungan lain. Silakan kirim pertanyaan Anda kepada Nita Sofiani lewat kompaskita@kompas.com. Anda juga bisa mengusulkan tokoh pilihan Anda. Cantumkan nama lengkap Anda dan domosili Anda.  E-mail dinantikan hingga 26 September 2014. Lima penanya terpilih akan mendapat suvenir menarik dari Kompas.
                                                                                       Kompas, 22 September 2014
Istilah domisili dan suvenir dalam paragraf tersebut bermakna ….
A.    tempat menunggu; hadiah
B.    tempat berlindung; pemberian Cuma-cuma
C.   tempat tinggal yang sah; tanda mata
D.   tempat singgah; hadiah dari pembelian
E.    tempat khusus; hadiah undian

16.  Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Menurut penelitian yang dilakukan tubuh antariksa Amerika Serikat ( NASA ), di planet Mars ditemukan unsur dasar kehidupan. (2)Unsur-unsur tersebut ialah Nitrogen, Hidrogen, Oksigen dan carbon.  (3)Di bumi unsur-unsur tersut merupakan kebutuhan dasar mahluk hidup. (4)Di samping untuk kelangsungan kehidupan, unsur nitrogen  merupakan unsur penyubur tanah, yang merupakan sumber kehidupan. (5)Dengan demikian  keberadaan keempat unsur tersebut sebagai penanda adanya kehidupan.

Yang merupakan kalimat simpulan  adalah kalimat nomor ....
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

17.  Bacalah dengan cermat paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2!
Penanaman karakter sangat penting dilakukan semenjak dini oleh orang tua. Misalnya, pikiran sehat percaya diri anak sebagai kunci awal sebagai tanggung jawab pembangunan karakter. Begitu pula kedisiplinan, dengan demikian, kemandirian anak dan kedisiplinan sanggup membangun fighting spirit dan surviving di dunia ini. Artinya, melalui disiplin dan tanggung jawab, si anak mengerti tugasnya dengan penuh percaya diri. Selain itu, perlu pula menanamkan keempatian terhadap orang lain dan lingkungannya.
Kalimat simpulan paragraf tersebut ialah ....
A.    Empati mengajarkan anak untuk menghargai orang lain dan orang-orang yang berada di sekitarnya.
B.    Sikap tanggung jawab anak akan mengerti tugas yang seharusnya ia lakukan diberikan tanggung jawabnya.
C.   Dengan kemandirian fighting spirit dan surviving di dunia ini anak diharapkan sanggup bertanggung jawab.
D.   Dengan disiplin anak mempunyai kunci sukses dalam kehidupan untuk mengatur masa depannya sendiri.
E.    Sikap percaya diri, disiplin, mandiri, tanggung jawab, dan tenggang rasa ialah karakter yang harus ditanamkan pada anak.

18.   Cermatilah penggalan cerpen berikut ini dengan saksama!
Ketidakgentarannya bukan berarti tak beralasan. Lihatlah, ia memperhatikan senjata yang ditodongkannya kepadanya. Bukan revolver lantaran tak ada silindernya. Kesimpulannya: pistol, merek “Vickers Jepang”. Ketelitian ini satu bukti bahwa “aku” juga andal dan berpengalaman dalam hal senjata ibarat ini. Orang luar tak tahu beda pistol dan revolver, apalagi nama mereknya, apa tandanya berisi atau tidak.
      Simpulan isi tersirat (tidak tertulis)kutipan cerpen di atas  adalah ….
A.    Tidak takut menghadapi todongan senjata.
B.    Memamerkan banyak sekali merek senjata yang diketahuinya.
C.   Memamerkan keahliannya dan pengalamannya ihwal senjata.
D.   Menganngap orang lain tidak ada yang tahu ihwal senjata.
E.    Orang lain dianggap tidak tahu pistol kosong atau berisi.

19.  Bacalah dengan saksama teks eksposisi di bawah ini dengan saksama!
Saat ini politik Indonesia sedang ...  wacana di media. Layaknya gula yang sedang dikelilingi semut. Media selalu memberitakan kondisi politik di Indonesia dengan gamblang.
                        Media memberitakan kondisi ... Indonesia yang saling memperebutkan kekuasaan. Para pejabat yang mempunyai kekuasaan telah melupakan masyarakat. Janji-janji yang dahulu dibentuk para pejabat justru dilupakan seiring dengan dingklik kekuasaan yang diperoleh. Seolah tidak mendapatkan dengan kemenangan sang musuh, mereka berusaha mencari kesalahan untuk sanggup menggulingkan.
                        .... di Indonesia sangat memprihatinkan. Para pejabat masih saja sibuk mengurusi dingklik jabatannya. Mereka melupakan soal rakyat dengan mudah.

Kata serapan (kata yang berasal dari bahasa asing) yang tepat untuk melengkapi serpihan yang rumpang di atas ialah ....
A.    Kompromi, wacana, iklim politik
B.    Suksesi, abdikasi, signifikan
C.   Intimidasi, berkompetisi, publikasi
D.   Akomodasi, konfimasi, publisistik
E.    Mendominasi(menguasai), elit(memiliki kedudukan tinggi) politik, kondisi politik.

20.  Bacalah paragraf deskripsi rumpang di bawah ini dengan cermat!
Setiap hari Ruthy melewati jalan di depan rumahku. Biasanya sekitar pukut 6.35 ia mulai terlihat di ujung gang. Sepanjang jalan ia akan menyapa siapapun yang ditemuinya. ...  “Selamat pagi!” begitu kata yang selalu ia ucapkan sambil tersenyum dengan ramah. Namun, entah mengapa pagi itu, sudah pukul 6.45 ia tidak juga tampak di ujung gang dengan seragam sekolahnya. Apakah mungkin peristiwa kemarin sudah membuatnya kehilangan semangat?
Kalimat yang tepat untuk melengkapi serpihan yang rumpang dalam paragraf tersebut ialah ....
A.    Dia juga akan tersenyum kepada siapapun.
B.    Biasanya ia berjalan dengan sangat anggun.
C.   Ruthy memang kukenal sebagai gadis yang sangat ramah.
D.   Dia tidak pernah menolak siapapun yang meminta bantuan.
E.    Hanya ada satu orang yang ia tidak mau menyapanya.
                                                                                               
21.  Cermati paragraf narasi rumpang berikut!
. . .  Ketika kaki kuda-kudaanku patah, ibu sendiri yang memakunya kembali. Ketika sekring lampu, atau setrikaan rusak, ibu yang membongkar – pasangnya. Ketika tempat tidurku berair terkena tetesan air hujan dari langit-langit yang menganga, naiklah ibu ke para-para dengan paku dan palu ditangannya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut ialah ….
A.    Sejak saya masuk ke Taman Kanak-Kanak.
B.    Kedua sahabat usang itu berbicara nerocos.
C.   Mereka berbicara dalam bahasa Belanda.
D.   Ibu bisa menjadi siapa saja.
E.    Ibu memperkenalkan saya dengan seorang lelaki paruh baya.

22.  Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Istri Tukang Cukur : “Cahaya matamu, raut wajahmu, memberiku instruksi
                                     bahwa kau sedang memikirkan sesuatu. Katakanlah pada  Ibu.”
Rabiah                     : “Aku berpikir ihwal ayah. Aku berpikir ihwal
                                    ayah, Bu! Terus-menerus pikiran ini menggangguku.”
Istri Tukang Cukur  : “Apa yang salah dengan ayahmu, Nak?”        
Rabiah                     : (Sejenak tidak menjawab, Ia berdiri perlahan,
                                     melangkah ke depan mendekati pot-pot bunga, kemudian               mendekat sambil memandang ibunya) “Bu, mengapa Bapak menjadi tukang cukur?”
Istri Tukang Cukur : “Mengapa kau bertanya begitu?” (terkejut) “Apakah
                                    salah ayahmu bekerja sebagai tukang cukur?” (berdiri tegak)
Rabiah                      : “Orang-orang, teman-teman, semua mengejekku
                                       dengan kata-kata anak si tukang cukur’!”
Istri Tukang Cukur  : ...                              
(Kado Perkawinan, Hamsad Rangkuti)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi obrolan terakhir dari istri tukang cukur ialah ....
A.    “Kau risau?”
B.    “Kau heran?”
C.   “Kau senang?”
D.   Kamu malu ?
E.    “Kamu bingung?”

23.   Bacalah dengan saksama penggalan ulasan di bawah ini!
Film “Rumah Tanpa Jendela” berbicara ihwal posisi biner kelas sosial-ekonomi lewat model film musikal klasik ala Hollywood. Film ini menyampaikan model utopia dalam merespons kondisi masyarakat Indonesia yang terframentasi dalam kelas-kelas sosial-ekonomi, yaitu utopia (kondidisi yang tepat tetapi hanya khayalan yang tak mungkin diwujudkan) atau kondisi hidup ideal yang dibayangkan oleh kelas menengah atas.
Sumber: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI (dengan perubahan)
                                 
   Makna kata yang tercetak tebal dalam kutipan teks ulasan tersebut di atas ialah ... .
A.  terkotak-kotak
B.  terbagi-bagi
C.  terbelah-belah
D.  terbilah-bilah
E.  tersekat-sekat

24.  Perhatikan dengan teliti mekanisme kegiatan di bawah ini!
Pertama          : Tanjabkan kabel laptop Anda ke stop kontak listrik!
Kedua              : Tekan tombol power pada laptop Anda!
Ketiga              : Klik tombol “strat”
Keempat         : ....
Kelima             : setelah muncul tampilan kosong dengan 1 krusor, mulailah menulis kata/kalimat yang diinginkan.
Untuk mengisi kegiatan keempat yang kosong yang tepat ialah ....
A.    Klik tombol “copy”
B.    Klik tombol “cut”
C.   Klik tombol “format painter”
D.   Klik tombol “Microsoft Office Word”
E.    Klik tombol “paste”

25.  Deretan kalimat di bawah ini yang menggunakan istilah dan ejaan yang tepat ialah ....
A.    Para pengembang di beberapa kota besar kini berkompetisi bisnis properti yang semakin keras dan penuh inofasi di lapangan
B.    Para pengembang berusaha optimal meraih kinerja yang  pantasi dan penghasilan yang sangat spektakuler.
C.   Mereka menyebarkan antara lokasi, desain, integritas perusahaan, dan membangun sendiri inprastruktur.
D.   Buah-buahan ini tidak hanya digunakan untuk konsumsi sehari-hari, tetapi juga kepada hal yang lebih substansi ibarat ritual keagamaan.
E.    Baik di pasar tradisional maupun supemarket, buah-buahan import mudah didapat, tetapi harus waspada dalam menentukan yang layak konsumen.

26.  Kalimat di bawah ini menggunakan kata berimbuhan yang sesuai dengan kaidah tata kata ialah ...
A.    Pembatasan masa kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi dua belas tahun merupakan pengerdilan.
B.    Pembrontakan para koruptor luara biasa dalam melemahkan KPK bisa menempuh banyak sekali jalan.
C.   Semoga para petinggi KPK tidak tergoyahkan oleh godaan yang bertubi-tubi mengrorong kewibawaannya.
D.   Boleh dikatakan, lengah sedikit saja bisa berbahaya bagi masyarakat yang menginginkan pengadilan.
E.    Semoga para pejabat KPK selalu dikuatkan imannya dalam pembrantasan korupsi di negara yang kita cintai ini.

27.  Pemakaian dan penulisan kata bentukan/kata jadian/kata turunan/kata kompleks ( kata dicetak miring) yang tepat terdapat dalam kalimat ....
A.    Para demonstran menggarisbawahi agar pelimpahan kekuasaan dilakukan oleh pemerintah bukan oleh raja.
B.    Pihak keluarga raja menghendaki pelimpahan kekuasaan dilakukan oleh pihak raja yang sedang berkuasa supaya ber kesinambungan.
C.   Tetapi rupanya kedua belah pihak tidak menemukan titik temu, semua itu disebabkan ketidak tahuan cara menuntaskan masalah.
D.   Kedua belah pihak tidak mau bekerjasama menyelesaikan duduk masalah yang terkait dengan kerajaan yang stagnan.
E.    Akhirnya ke dua belah pihak pilih menempuh jalan sendiri yang mereka yakini sanggup menemukan cara memimpin kerajaan yang harmonis.

28.  Penulisan daftar pustaka berikut ini yang sesuai dengan EYD ialah ....
A.    Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
B.    Arifin, Zaenal,dkk.; 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
C.   Arifin, Zaenal,dkk., 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud:
D.   Arifin, Zaenal,dkk. 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
E.    Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 : Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame : Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

29.  Cermati dua teks di bawah ini dengan teliti!
SEJARAH HARI BURUH
PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN
Hari Buruh yang dikenal juga dengan sebutan May Day dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari buruh ini lahir dari rentetan usaha kelas pekerja. Pada 1886 terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan depalan jam kerja sehari dan juga menyampaikan semangat gres usaha kelas pekerja yang mencapai titik masif di kala tersebut.
Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melaksanakan banyak sekali upaya untuk membentuk kolaborasi regional di daerah ini ibarat ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina, Indonesia), dan SEAMEO South East Asian Ministers of Education Organization), maupun dengan negara di luar daerah ini, ibarat SEATO (South East Asia Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pasific Council). Komunikasi antarnegara Asia Tenggara dengan negara di luar daerah tersebuttelah berkembang dalam ECAFE (Economic Commision for Asia and the Far East), Colombo Plan, dan KAA (Konfrensi Asia Afrika)


 Hasil membandingkan isi kedua teks tersebut ialah ....
A.    Penetapan Sejarah Hari Buruh berupa fakta sedangkan Sejarah Pembentukan ASEAN berupa opini dan angan-angan.
B.    Penetapan Sejarah Hari Buruh penuh usaha dan konflik dari kelas pekerja sedangkan Sejarah Pembentukkan Asean berjalan dengan cara damai.
C.   Kedua teks tersebut sama-sama menuai konflik untuk memperjuangkan tujuan yang akan dicapai oleh pelakunya.
D.   Tiap teks tersebut di atas sama-sama hanya memperjuangkan satu organisasi yang berbeda anggota.
E.    Tiap teks tersebut di atas memperjuangkan tujuan yang berbeda, yaitu organisasi nirlaba dan organisasi berisat bisnis.

30.  Bacalah dengan cermat kedua teks di bawah ini!
TEKS 1
TEKS 2
Dalam aspek ekonomi, air yang melintasi sungai bila memenuhi syarat kebersihan sanggup dimanfaatkan untuk kebutuhan baku air minum dan sejumiah keperluan lainnya, termasuk sarana transportasi perkotaan. Dalam aspek kelestarian lingkungan sungai mempunyai fungsi untuk menyalurkan air dari hulu ke hilir (muara)
. Hal tersebut pertanda sungai berperan sebagai unsur dalam berlangsungnya siklus hidrologi dan sebagai unsur pada kelangsungan siklus erosi. Keduanya sangat menghipnotis keseimbangan ekosistem daerah aliran (DAS) sungai.
Air merupakan sumber daya alam (SDA) yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Rakyatlah yang berkaitan eksklusif dengan air. Ia sangat mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tuntutan untuk bisa menikmati air menjadi hak semua orang Pengelolaan air menjadi tanggung jawab semua pihak.
 Tidak hanya pemerintah, mereka juga harus mengupayakan pelestariannya. Peran aktif rakyat dalam pengelolaan SDA air merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan.
Kesimpulan kedua teks tersebut yang tepat ialah ....
A.    Fungsi air berbeda-beda tergantung dari sudut mana ia memandang.
B.    Air sama-sama dibutuhkan untuk kehidupan manusia, bedanya bagaimana cara mengelola dan memanfaatkannya.
C.   Fungsi air dalam kehidupan insan berbeda-beda satu sama lain tergantung kebutuhannya masing-masing.
D.   Perbedaannya ialah fungsi air di sungai dengan fungsi air di lingkungan pemukiman warga.
E.    Perbedaannya ialah pada cara pengolahannya, ada yang dikelola oleh masyarakat ada pula yang dikelola oleh pemerintah.

31.  Bacalah dengan saksama kedua teks di bawah ini!
Teks eksposisi
Teks mekanisme kompleks
Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan Polantas, yaitu mendapatkan atau menolak tuduhan tersebut. Apabila mendapatkan tuduhan, Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan sanggup diambil jikalau Anda sanggup memperlihatkan bukti pembayaran denda. ….
Pertama, kenali si petugas Polantas.
Kedua, pahami kesalahan yang Anda lakukan.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran apa yang Anda lalkukan.
Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja kepda petugas.
Kelima, jika terpaksa serahkanlah SIM Anda saja.
Keenam, terima atau tolak tuduhan yang dberikan oleh Polantas..

Perbedaan antara dua teks tersebut ialah ....
A.    Teks eksposisi meyuguhkan dengan bahasa paparan biasa sedangkan teks mekanisme kompleks menekankan dengan langkah-langkah yang harus dilalui.
B.    Teks eksposisi memerinci tiap kesahan yang dilakukan pengendara, sedangkan teks mekanisme kompleks memerinci jawaban pertanyaan petugas.
C.   Teka eksposisi memaparkan cara membayar denda ke bank terdekat, sedangkan teks mekanisme kompleks mengajak tenang petugas di lapangan.
D.   Teks eksposisi memerinci warna surat tilang dari petugas, sedangkan teks mekanisme kompleks cenderung untuk menolak tuduhan.
E.    Teks eksposisi cenderung membingungkan pelanggar lantaran disuruh memilih, sedangkan teks mekanisme kompleks tegas untuk menolak.

32.   Bacalah dengan saksama paragraf di bawah ini!
Ide mengalihkan masyarakat menggunakan minyak tanah ke elpiji memang tidak seketika. Program itu sudah digulirkan semenjak Agustus 2006. Mestinya, banyak pengalaman dipetik oleh pemerintah supaya tidak terjadi kerumitan dalam menjalankan acara konversi.
                        Sejauh klarifikasi pihak pertamina, jumlah rumah tangga dan usaha kecil menengah di jakarta yang berhak mendapatkan paket konversi sekitar 1,5 juta keluarga. Masih ada sekitar 300.000 keluarga yang belum mendapatkan paket konversi yang berupa tabung dan kompor.
                        Masyarakat menggugat efektivitas distribusi paket tersebut. Selama ini banyak terjadi distribusi paket yang salah sasaran. Sering yang berhak mendapatkan kenyataannya justru tidak mendapatkannya. Sementara itu, pihak yang tidak berhak mendapatkan paket tersebut justru mudah mendapatkannya.

Masalah yang dibahas dalam teks tersebut adalah…
A.  Penolakan masyarakat terhadap penggunaan materi bakar elpiji
B.  Kesiapan pemerintah dalam melaksanakan acara konversi
C.  Jumlah paket konversi bagi keluarga miskin di Jakarta
D.  Pendistribusian paket korversi tidak tepat target
E.  Penggelembungan dana untuk acara konversi.

33.       Cermati paragraf berikut!
Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan membaca suara teks. Mahir membaca ialah mahir memahami makna wacana bacaan secara mendalam disertai dengan kemampuan menafsirkan konteks dan wacana tersebut. Mahir membaca ialah memahami karakter wacana. Mahir membaca berarti bisa memahami kosa kata yang digunakan dalam teks. Dengan demikian, seseorang sanggup dikatakan mahir membaca apabila mudah memahami dan menghayati isi wacana.
Kesimpulan yang terdapat dalam paragraf di atas ditandai dengan kata ....
A.    melampaui
B.    mahir membaca
C.   wacana bacaan
D.   dengan demikian
E.    menafsirkan konteks

34.   Bacalah dengan saksama dua teks berikut ini!
Orang-orang Flemish dan orang –orang Inggris dikalahkan di Bouvines oleh Raja Perancis Philippe Auguste pada tahun 1214.  Sebelum pertempuran itu, Sang Raja memerintahkan didirikannya sebuah altar tepat di tengah-tengah kamp. Sang Raja meletakkan mahkotanya yang bertuliskan “Au plus digne” atau “Bagi siapa saja yang paling berjasa”.
Kepada para darah biru dan ksatrianya, Raja berkata, “Siapa yang bertempur paling baik dan memenangkannya akan menjadi raja, saya akan melepaskan semua akku dan tidak memperoleh apa-apa kecuali kalian memberiku pertempuran terbaik malam ini.”
Selama pertempuran itu, ia berperang bagai singa. Ketika pertempuran selesai, para darah biru yang masih selamat berkumpul mengelilingi altar sambil mengelu-elukannya. “O, Rajaku engkaulah yang paling berani !” Mereka menyerahkan kembali mahkota itu kepadanya.
                                                Sumber: Anekdot Orang-Orang Besar

Sopir Taksi
Susi harus bekerja hingga larut malam dikantornya. Ketika ingin pulang Susi menyetop taksi untuk mengantarnya pulang. “Kebon Jeruk ya Pak
Sopir taksi itu hanya menggangguk, selama perjalanan tidak terjadi percakapan antara Susi dan Sopir Taksi, mungkin Susi merasa capek lantaran bekerja hingga larut malam. 20 menit lamanya keheningan terjadi, tiba-tiba Susi ingat bahwa uang yang dibawanya kurang untuk membayar ongkos taksi.
Susi kemudian menepuk bahu Sopir taksi dengan maksud berhenti dulu di depan untuk mengambil uang di ATM.
Tapi tiba-tiba setelah pundaknya ditepuk oleh Susi Sopir taksi itu secara membabi buta membanting setirnya ke kanan kemudian ke kiri sambil berteriak secara histeris, hingga akhirnya taksi itu menabrak sebuah pohon.
Un     tung Susi dan Sopir Taksinya tidak mengalami luka yang cukup parah. Sopir Taksi itu kemudian meminta maaf kepada Susi. “Maaf ya Bu, Ibu nggak apa-apa? Ibu sih make nepuk bahu saya, kagetnya setengah mati bu!!”
Lho, masa sih ditepuk pundaknya aja kaget??
“Soalnya ini hari pertama saya jadi sopir Taksi, Bu”
Emangnya pekerjaan bapak sebelumnya apa??
“Selama 20 tahun saya jadi SOPIR MOBIL JENAZAH”
                        permintaan

Perbedaan tema kedua teks anekdot di atas ialah ....
A.    Teks Orang-Orang Besar bertema usaha tanpa pamrih dari pemimpinya, sedangkan teks Sopir Taksi ialah kagetan.
B.    Teks Orang-Orang Besar bertema usaha tanpa pamrih dari rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi ialah menjual jasa.
C.   Teks Orang-Orang Besar bertema sayembara terhadap rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi ialah penumpang tak beruang.
D.   Teks Orang-Orang Besar bertema penjual mahkota kepada rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi ialah ugal-ugalan.
E.    Teks Orang-Orang Besar bertema peperangan tanpa senjata dari rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi ialah bekas sopir kendaraan beroda empat jenazah.

35.  Cermati dengan teliti dua teks sastra berikut ini!
Jendela dalam film “Rumah Tanpa Jendela” merupakan sebuah metafora yang mengena. Jendela memungkinkan seseorang untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa meninggalkan tempatnya. Jendela memungkinkan orang melihat, bukan terlibat jikalau dibandingkan dengan pintu yang menyediakan jalan masuk untuk masuk/keluar. Jendela ialah rasa syukur atau konsep penerimaan atas suatu kondisi. Dengan si miskin berlapang dada mendapatkan kondisinya dan si kaya berguru bersyukur dari kemalangan si miskin, masyarakat borjuis yang tepat dan serasi akan tercipta.

       Sumber: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI  (dengan perubahan (penafsiran)
1)  Donny memang luar biasa sebagai pencipta cerita, begitu juga Rizal yang sukses mengarahkan para pemain. 2) Tapi yang menjadi catatan di sini, film ini  mirip dengan road movie. 3) Jika kita membaca novelnya terlebih dahulu, maka akan terasa terputus-putus ceritanya. 4) Kita akan dibentuk kecewa dengan  kurang lamanya usaha pendakian, sehingga terkesan ingin cepat sampai. 5) Maka saya sarankan untuk menonton filmnya dulu gres kemudian baca novelnya, jikalau memang hobi nonton dan suka membaca novel. 6) Secara keseluruhan, karya Rizal Matovani ini patut diacungi jempol.
                                                                                          (http://hiburan kompasiana.com)
( evaluasi)

Hubungan antarbagian dalam dua teks sastra di atas ialah ....
A.   Unsur penafsiran sanggup dijadikan pijakan dalam mengevaluasi suatu karya sastra.
B.   Unsur penafsiran tidak mempunyai kriteria yang standar sehingga tidak sanggup dijadikan pijakan mengevaluasi.
C.   Unsur penilaian muncul lebih dulu yang nantinya akan dijadikan pijakan dalam menentukan dalam penafsiran.
D.   Baik penafsiran maupun penilaian nantinya akan bermuara pada unsur koda atau serpihan akhir.
E.    Unsur yang muncul tidak kuat dalam menentukan resolusi dalam suatu karya sastra.
36.  Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Sebenarnya romo  tidak terlalu kolot. Beliau tidak menghalangi hubunganku dengan Sri, anak orang biasa. Romo tidak mengharuskan saya kawin dengan seorang Den Ayu, atau setidak-tidaknya anak orang terpandang. Hanya itu masalahnya, saya terlalu muda untuk cepat-cepat kawin. Aku harus kuliah dulu, dan saya memang ingin kuliah. Aku tidak mau sekedar menjadi camat ibarat romo. Tapi... Pak Karto....
Watak Romo dalam kutipan dongeng tersebut ialah ....
A.    demokratis
B.    kolot
C.   sombong
D.   tidak tegas
E.    materialistis

37.  Cermati kutipan cerpen berikut dengan seksama!
Yang kutunggu akhirnya berbunyi juga. Setelah membereskan buku-buku, saya segera pergi ke belakang kantin, ada juga teman-temanku yang lain. Aku dan Nandito pergi agak menjauh, supaya tiada yang mengganggu Dito bercerita.
“Dit, bahu-membahu ada apa sih?” tanyaku memulai.
“Alicia, kau tahu gak siapa aku,” jawabnya.                                                 
“Nggak tahu gimana, kau ‘kan Nandito temanku,” bantahku cepat.
“Bukan itu, maksudku, kau ‘kan nggak tahu ihwal kehidupanku yang bahu-membahu meskipun saya tinggal serumah dengan orang bau tanah dan saudara-saudaraku, tetap saya tak dianggap sebagai anak dan sebagai saudara. Aku ibarat orang asing, setiap omonganku tak pernah mereka dengar,” ceritanya lagi. “Begitulah aku. Diantara delapan saudaraku, saya anak nakal. Dan kesudahannya pergaulanku nggak karuan, saya harus mendapatkan jawaban ibarat ini. Aku suka ngelayap, jarang pulang. Aku terpengaruh oleh teman-teman yang liar. Aku kecanduan obat.”
“Apa, jangan ngawur kamu!”
“Memang benar, ya beginilah aku.”
“Lalu semenjak kapan?”
“Dua tahun yang lalu.”
“Gila kemudian sekarang?”
“Masih ibarat dulu, masih suka obat terlarang.”
“Teng, teng, teng ...” tiba-tiba bel berbunyi.
Dengan langkah berat saya dan Dito berjalan menuju kelas

Keterkaitan tabiat tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari ialah ....
A.    Orang yang mempunyai sifat suka mencampuri urusan orang lain.
B.    Seseorang yang berpura-pura sangat perduli dengan keadaan orang lain.
C.   Ketidaksanggupan seseorang dalam menghadapi permasalahan kehidupannya di lingkungannya.
D.   Sikap keterusterangan seseorang dalam menceritakan keburukan dirinya kepada orang lain.
E.    Ketidakpedulian seseorang atas duduk masalah yang menimpa diri orang di sekitarnya.
                                                         
                                                                                                  
38.  Bacalah dengan saksama penggalan cerpen di bawah ini!
“Bahkan ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasehati ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu lakukan untuk mendapatkan engkau Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.
(Rumah Tanpa Cinta, Titik W.S)
Penilaian baik jelek terhadap penggalan cerpen di atas ialah ....
A.    Keunggulanya ialah usaha seorang ibu untuk bisa membahagiakan anaknya sedangkan kelemahannya ialah rela melaksanakan perbuatan mistik.
B.    Keunggulannya ialah kecintaan seorang ibu kepada anaknya supaya bisa cepet-cepat punya anak.
C.   Kelemahannya ialah seorang ibu rela melunturkan keimanannya sehingga perbuatannya mendekati perbuatan mistik.
D.   Keunggulan dan kelemahannya sama-sama melaksanakan perbuatan yang bersifat gaib yang belum tentu kebenarannya.
E.    Keunggulan dan kelemahannya sama-sama merupakan perbuatan yang mendekati syirik, gaib, munafik, dan musrik.

39.  Bacalah kutipan sastra melayu klasik berikut ini dengan cermat !
Setelah Bachtiar besar saudagar Idris tiba menghadap sang Raja bersama-sama Bachtiar. Raja sedang dihadap oleh para menterinya. Tiba-tiba ada yang mengemukakan pertanyaan kepada raja dan pertanyaan itu tak sanggup dijawabnya. Para menteripun tak seorang juga yang sanggup menjawab. Bachtiar menyatakan kepada baginda bahwa ia kalau diperkenankan baginda sanggup menjawabnya. Raja sangat tercengang mendengar jawabannya, dan ia minta kepada saudagar Idris supaya Bachtiar tinggal di sana di istananya. Kehadiran Bachtiar di istana itu menjadikan cemburunya para menteri lantaran mereka sudah tidak diajak bicara oleh raja.

Para menteri bermufakat hendak mencelakakan Bachtiar. Daya upaya mereka berhasil dengan memfitnah Bachtiar berbuat jahat dengan seorang wanita di istana. Ia dipenjarakan, tetapi para menteri menuntut eksekusi mati.

Bachtiar bermohon berjumpa dengan raja. Di hadapan raja Bachtiar yang cerdik itu berceritera ihwal pemikat burung. Pada suatu hari, pemikat itu mendapat seekor burung yang sangat cantik. Burung itu dipersembahkannya kepada raja. Akhirnya pemikat burung itu disenangi raja dan tinggal dengan senangnya di istana.
                                                                                                    Hikayat Bachtiar
    
                      
Isi ringkas penggalan dongeng di atas ialah ....
A.    Bachtiar, saudagar, sang Raja, dan para menterinya yang selalu hidup rukun.
B.    Rasa senang raja kepada Bachtiar yang diantar saudagar Idris ke istana raja.
C.   Seorang saudagar yang mengantar anaknya kepada sang raja untuk mengabdi.
D.   Rasa cemburu para menteri terlihat pada siasat mencelakakan Bachtiar, tetapi gagal.
E.    Raja yang tak bisa berlaku adil kepada para menterinya sehingga selalu menyalahkan.

40.  Bacalah dengan teliti kalimat acak di bawah ini!
1) Usia dini, merupakan masa kritis yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas anak didik di masa dewasa.
2) Anak yang ditelantarkan akan kurang asupan gizi, tidak mendapat proteksi kesehatan, dan tidak mendapat pengasuhan yang benar dan stimulan pendidkan
3) Kebutuhan tumbuh kembang yang meliputi gizi, kesehatan dan pendidikan, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dan anak dilarang diterlantarkan.
4) Jika terlantar ibarat ini, sekalipun merupakan anak orang berada bahkan kaya raya, perkembangan kecerdasannya bisa tidak optimal.
5)  Mendidik anak dalam usia dini, bukanlah hal yang gampang.

Urutan kalimat-kalimat tersebut dalam paragraf yang padu ialah ....
A.    1-2-3-4-5
B.    1-3-5-4-2
C.   5-1-3-2-4
D.   5-1-4-3-2
E.    4-3-2-1-5

41.  Perhatikan dengan cermat kata berimbuhan dalam kalimat di bawah ini!
Tiga tujuan periklanan yakni menginformasikan (menonjolkan aspek manfaat produk), membujuk (membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis), dan mengingatkan (mengingatkan produk-produk yang sudah mapan).
Kata berimbuhan yang semakna dengan kata periklanan terdapat dalam kalimat  ....
A.    Beternak jangkrik, cacing, dan ulat sutra butuh perwakilan  dalam pemasaran kepada konsumen.
B.    Walaupun demikian, perolehan risqi sudah diatur oleh Alloh SWT, kita tinggal menerimanya saja.
C.   Biro perjodohan sudah tidak zamannya lagi, tetapi masih banyak yang membutuhkannya.
D.   Kompleks pertokoan yang banyak dibangun di pinggir kota masih saja laris keras kerena mudah dan strategis tempatnya.
E.    Demikian juga perumahan, walaupun tempatnya jauh dari keramaian banyak diminati oleh orang-orang kota.
           
42.  Bacalah dengan cermat kalimat di bawah ini!
Katakan, uang ialah kebutuhan dan uang ialah serpihan hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang
Kalimat yang bertujuan sama dengan kalimat di atas ialah ....
A.    Katakan, bahwa tidak semua orang butuh uang.
B.    Katakan, bahwa tidak hanya orang hidup yang butuh uang.
C.   Katakan, bahwa orang mati tidak butuh uang. 
D.   Katakan, bahwa setiap orang hidup membutuhkan uang
E.    Katakan, bahwa orang setengah mati tidak butuh uang.

43.  Cermati kalimat acak di bawah ini dengan saksama!
(1) Begitulah mekanisme pengaturan kadar zat gula dalam tubuh insan normal.
(2) Zat gula diharapkan oleh tubuh untuk diubah menjadi tenaga.
(3) Hampir semua makanan yang kita makan sanggup diubah menjadi zat gula.
(4) Kelebihan zat gula lantaran kurangnya aktivitas, akan disimpan oleh tubuh.
(5) Setelah masuk ke adalam tubuh, zat gula akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah.
Urutan kalimat yang tepat supaya menjadi paragraf yang padu ialah ….
A.    (1), (2), (3), (4), (5)
B.    (3), (2), (4), (5), (1)
C.   (3), (4), (5), (1), (2)
D.   (2), (3), (5), (4), (1)
E.    (2), (4), (3), (5), (1)

44.  Cermatilah paragraf rumpang di bawah ini dengan saksama!
Pemerintah telah melaksanakan operasi harga sembako di pasar. . . ., para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan pemerintah. . . ., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelang                                                                                                                 garan tersebut. . . ., pemerintah mempunyai banyak kendala.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi serpihan rumpang tersebut ialah ….
A.    namun, serta, apabila
B.    namun, sebaliknya, akan tetapi
C.   meskipun, karena, bahkan
D.   dan, namun, yakni
E.    sebab, yaitu, misalnya

45.  Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama!
(1) Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifkan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. (2) Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja Cordwainers. (3) Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di kala tersebut bekerja 19 hingga 20 jam per hari. (4) Sejak dikala itu usaha untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi acara bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. (5) Amerika Serikat memang negara yang kurang memperhatikan kaum buruh sehingga sering terjadi demonstrasi.
Kalimat nomor lima tidak mendukung kalimat utama, perbaikan yang tepat ialah ....
A.    Agenda bersama itu akhirnya diwujudkan oleh pemerintah Amerika Serikat dengan sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
B.    Agenda bersama itu akhirnya terwujud berkat usaha yang sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
C.   Agenda bersama itu akhirnya terwujud oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan upaya yang tidak begitu melelahkan kelas pekerja.
D.   Pemerintah Amerika Serikat mau mewujudkan tuntutan para buruh asal dengan syarat tidak melaksanakan demonstrasi.
E.    Para buruh terus melaksanakan demonstrasi hingga tuntutannya dipenuhi oleh Pemerintah Amerika Serikat.
46.  Bacalah kalimat tidak standar di bawah ini dengan saksama!
Anak wanita perlu diajarkan untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
Kalimat di atas akan menjadi standar dan efektif apabila diubah menjadi ....
A.    Anak wanita perlu diajari untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
B.    Anak wanita perlu diajari cara mengelola keuangan, termasuk diajari cara menawar dan memeroleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
C.   Anak wanita perlu diajarkan tentang mengelola keuangan, termasuk diajarkan untuk menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
D.   Anak wanita itu perlu diajarkan tentang mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawari dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
E.    Anak wanita perlu diajari untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan tentang cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.

47.  Bacalah kalimat di bawah ini dengan saksama!
Tolong , yang piket dihapus !
Jika yang dimaksud dihapus itu papan tulis, perbaikan yang tepat ialah ....
A.    Tolong, yang piket terhapus!
B.    Tolong yang piket dihapuskan!
C.   Tolong yang piket menghapuskan!
D.   Tolong yang piket terhapuskan!
E.    Tolong yang piket menghapus!
48.  Perhatkan dengan teliti penulisan gelar dalam kalimat di bawah ini!
PROF. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
Penulisan gelar akademik dalam kalimat di atas tidak sesuai EYD, seharusnya  adalah ....
A.    PROF. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, m.m. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
B.    PROF. dr. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
C.   Prof. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
D.   PROF. DR. dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
E.    Prof. Dr. dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. ialah andal bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
49.  Cermati kalimat di bawah ini dengan teliti!
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di sentra kota.

Untuk memperbaiki kalimat di atas, penggunaan tanda baca yang tepat ialah ....
A.    Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di sentra kota:
B.    Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan, warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara higienis dengan berjalan-jalan di sentra kota.
C.   Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan jalan di sentra kota.
D.   Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih: dengan berjalan-jalan di sentra kota.
E.    Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan; warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di sentra kota.
50.  Cermati kalimat yang ejaan dan tanda bacanya kurang tepat di bawah ini!
Raja Juan Carlos berkata. “karena alasan-alasan itu, semua, saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”

Perbaikan kalimat di atas yang tepat ialah ....
A.    Raja Juan Carlos berkata. “Karena alasan alasan itu, semua, saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
B.    Raja Juan Carlos berkata, Karena alasan-alasan itu  semua, saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
C.   Raja Juan Carlos berkata:karena alasan-alasan itu, semua: saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
D.   Raja Juan Carlos Berkata; “Karena alasan-alasan itu, semua, saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
E.    Raja Juan Carlos berkata. “Karena alasan-alasan itu, semua; saya menetapkan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.