Buku Pembantu Bank (diolah dari permendagri nomor 20 tahun 2018) |
Buku Pembantu Bank yakni salah satu pembukuan/penatausahaan kaur keuangan (bendahara desa) untuk mencatat semua penerimaan dan pengeluaran yang terjadi di rekening kas desa (transfer). Seperti apa pola format Buku Pembantu Bank terbaru sesuai dengan permendagri/lampiran permendagri nomor 20 tahun 2018 wacana pengelolaan keuangan desa.
Dulu waktu masanya Permendagri 113 Tahun 2014, istilah yang dipakai yakni Buku Bank Desa. Namun dalam Permendagri terbaru (Permendagri Nomor 20 Tahun 2018) diganti namanya menjadi "Buku Pembantu Bank". Itu hanya soal teknis saja.
Sebelumnya, Buku Pembantu Bank disebut Buku Bank Desa. Namun dalam Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tersebut, istilah Buku Bank Desa telah diganti dengan Buku Pembantu Bank. Lalu bagaimana cara mencatat/menyusun Buku Pembantu Bank? Bagaimana bentuk format Buku Pembantu Bank diatur dalam Permendagri Nomor 113 tahun 2014 wacana pengelolaan keuangan desa, namun untuk tahun 2019, tahun 2020, dan tahun-tahun berikutnya diatur dalam permendagri nomor 20 tahun 2018. Itu pun jikalau tidak ada revisi. Kalau pun ada, inshaa Allah akan Kami sampaikan disini perubahannya.
Berikut ini pola format Buku Pembantu Bank terbaru sesuai dengan permendagri/lampiran permendagri nomor 20 tahun 2018 wacana pengelolaan keuangan desa dalam bentuk format excel (xls). Silahkan download/unduh gratis dibawah ini :
Alternatif :
Baca Juga :
Silahkan donwload format Buku Pembantu Bank diatas, jikalau ada hambatan tolong disampaikan dalam kolom komentar atau melalui email Kami.
Panduan Download Gratis Di Blog Format Administrasi Desa
Silahkan donwload format Buku Pembantu Bank diatas, jikalau ada hambatan tolong disampaikan dalam kolom komentar atau melalui email Kami.
Demikian artikel yang berjudul "Buku Pembantu Bank Sesuai Lampiran Permendagri 20 Tahun 2018 (Format Excel/Xls)" biar bermanfaat bagi Anda semua. Terima Kasih sudah berkunjung di Blog Format Administrasi Desa (***).